Efek Media Informasi terhadap Persepsi Apoteker terhadap Risiko Infeksi Covid-19 dan Vaksin Covid-19

Authors

  • Ikhwan Yuda Kusuma Universitas Harapan Bangsa
  • Alvin Ulinnuha Universitas Harapan Bangsa
  • Awang Pardigantara Universitas Harapan Bangsa
  • Bella Aisya Fitri Universitas Harapan Bangsa
  • Gita Fitriyani Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.56359/pharmgen.v2i2.272

Keywords:

apoteker, COVID-19, sosial media, vaksin

Abstract

Pendahuluan: Media berperan sebagai sumber informasi yang sangat penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai COVID-19. Namun karena jumlah sumber informasi yang begitu banyak, sehingga muncul misinformasi atau disinformasi yang membuat masyarakat memperoleh informasi yang salah tentang COVID-19, termasuk terkait vaksinasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efek media informasi terhadap persepsi apoteker tentang risiko infeksi COVID-19 dan vaksin COVID-19.

Metode: Studi cross-sectional, berdasarkan kuesioner yang dilaporkan sendiri. Kuesioner dikembangkan pada platform berbasis web dan undangan dikirim kepada apoteker Kabupaten Banyumas untuk berpartisipasi dalam penelitian menggunakan aplikasi media sosial.

Hasil: Sebanyak 54 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari kuesioner persepsi apoteker terhadap  peran media tentang COVID-19 dan Vaksin COVID-19, persepsi apoteker terhadap risiko infeksi COVID-19 persepsi apoteker terhadap vaksin COVID-19 memiliki r hitung pada kisaran > 0,632 artinya item pertanyaan pada kuesioner tersebut telah memenuhi uji validasi dan dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas memiliki nilai r hitung > 0,632 artinya data tersebut reliabel.

Kesimpulan: Persepsi apoteker terhadap peran media informasi tentang COVID-19 memiliki presentase berkisar antara 88,8% hingga 94,5%, sementara persepsi mereka terhadap risiko infeksi COVID-19 memiliki presentase rentang 77,7% hingga 100%.Hasil ini mengindikasikan perlunya penelitian lanjutan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi variasi persepsi apoteker, guna meningkatkan efektivitas strategi komunikasi terkait COVID-19 dan vaksinasi.

References

Cen, Y., Chen, X., Shen, Y., Zhang, X. H., Lei, Y., Xu, C., Jiang, W. R., Xu, H. T., Chen, Y., Zhu, J., Zhang, L. L., & Liu, Y. H. (2020). Risk factors for disease progression in patients with mild to moderate coronavirus disease 2019—a multi-centre observational study. Clinical Microbiology and Infection. https://doi.org/10.1016/j.cmi.2020.05.041

Cox, J. R., & Pezzullo, P. C. (2015). Environmental Communication and the Public Sphere Fourth Edition. Sage.

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Dwi Putri Robiatul Adawiyah, & Nurhaya Kadir. (2020). Analisis Peran Media Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Di Indonesia. Mediakita. https://doi.org/10.30762/mediakita.v4i1.2444

Fahrimal, Y., Husna, A., Islami, F., & Johan, J. (2020). Media Dan Pandemi: Frame Tentang Pandemi Covid-19 Dalam Media Online Di Indonesia (Studi Pada Portal Berita Kompas.Com Dan Detik.Com). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.3100

Harcup, T., & O’Neill, D. (2017). What is News?: News values revisited (again). Journalism Studies. https://doi.org/10.1080/1461670X.2016.1150193

Karasneh, R., Al-Azzam, S., Muflih, S., Soudah, O., Hawamdeh, S., & Khader, Y. (2021). Media’s effect on shaping knowledge, awareness risk perceptions and communication practices of pandemic COVID-19 among pharmacists. Research in Social and Administrative Pharmacy. https://doi.org/10.1016/j.sapharm.2020.04.027

Kemenkes RI. (2021). Seputar Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Kemenkes RI.

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Kundari, N. F., Hanifah, W., Azzahra, G. A., Islam, N. R. Q., & Nisa, H. (2020). Hubungan Dukungan Sosial dan Keterpaparan Media Sosial terhadap Perilaku Pencegahan COVID-19 pada Komunitas Wilayah Jabodetabek Tahun 2020. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. https://doi.org/10.22435/mpk.v30i4.3463

Le, T. T., Andreadakis, Z., Kumar, A., Roman, R. G., Tollefsen, S., Melanie, S., & Stephen, M. (2020). The COVID-19 Vaccine Development Landscape. Nature Reviews: Drug Discovery. National Biotechnology Information, 19(5), 305–306.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. (2020). Diagnosis dan Penatalaksanaan Pneumonia Covid-19 (Vol. 55, Issue 5). Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. https://doi.org/10.1331/JAPhA.2015.14093

Ratna Hidayani, W. (2020). Faktor Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan COVID 19 : Literature Review. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS).

Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. In Journal of Autoimmunity. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433

Sugiyono. (2016). Research Methods Quantitative, Qualitative, and R&D. In Bandung: Alfabeta.

Thompson, T. L. (2014). Encyclopedia of Health Communication, 1st Edition. Sage Publication.

Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Perpsepsi Masyarakat tentang Virus Corona. Meyarsa, 1(1), 1–20.

Wagner, J. A., & Hollenbeck, J. R. (2014). Organizational behavior: Securing competitive advantage. In Organizational Behavior: Securing Competitive Advantage. https://doi.org/10.4324/9780203385418

Wahidah, I., Septiadi, M. A., Rafqie, M. C. A., Fitria, N., Hartono, S., & Athallah, R. (2020). Pandemik Covid-19 : Analisis Perencanaan Pemerintah dan Masyarakat dalam Berbagai Upaya Pencegahan COVID-19 Pandemic : Analysis of Government and Community Planning in Various Prevention Measures. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO).

Weldon, M. (2009). The Changing Nature of News. In W. F. Eadie (Ed.), 21st Century Communication: A Reference Handbook. Sage Publication.

WHO. (2020). World Health Organization. Naming the coronavirus disease (COVID-19) and the virus that causes it [Internet]. In March 29.

WHO. (2021). Coronavirus (COVID-19) Dashboard. World Health Organization.

Fitria, V., Ismail, R., & Nugraha, D. (2017). Uji Aktivitas Mukolitik Infusa Daun Karuk (Piper Sarmentosumroxb. Ex. Hunter) Pada Mukus Usus Sapi Secara In VitrO. DII Farmasi Stikes Muhammadiyah: Ciamis, 9-11.

Listiana, L., Wahlanto, P., Ramadhani, S. S., & Ismail, R. (2022). Penetapan Kadar Tanin Dalam Daun Mangkokan (Nothopanax scutellarium Merr) Perasan Dan Rebusan Dengan Spektrofotometer UV-Vis. Pharmacy Genius, 1(1), 62–73

Yuliani, W., & Ismail, R. (2023). Uji Aktivitas Antijamur Fungi Endofit Tanaman Sarang Semut (Myrmecodia pendans) Terhadap Jamur Candida albicans. Pharmacy Genius, 2(1), 31–42.

Yusuf, A. L., Nugraha, D., Wahlanto, P., Indriastuti, M., Ismail, R., & Himah, F. A. . (2022). Formulasi Dan Evaluasi Sediaan Gel Ekstrak Buah Pare (Momordica Charantia L.) Dengan Variasi Konsentrasi Carbopol 940. Pharmacy Genius, 1(1), 50–61.

Downloads

Published

30-06-2023

How to Cite

Kusuma, I. Y., Ulinnuha, A., Pardigantara, A., Aisya Fitri, B., & Fitriyani, G. (2023). Efek Media Informasi terhadap Persepsi Apoteker terhadap Risiko Infeksi Covid-19 dan Vaksin Covid-19. Pharmacy Genius, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.56359/pharmgen.v2i2.272