Hubungan antara Personal Hygiene dengan Kebutuhan akan Kebersihan pada Anak Tunagrahita di SLB Negeri Widi Asih Pangandaran
DOI:
https://doi.org/10.56359/igj.v3i3.435Keywords:
kebersihan pribadi, kebutuhan akan kebersihan, kebutuhan kebersihan anak-anakAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersihan diri orang tua dan anak di SLB Negeri Widi Asih Pangandaran.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metodologi cross sectional. Sampel terdiri dari 70 orang tua yang memiliki anak dengan status sekolah menengah atas. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kebersihan diri orang tua dan anak.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku orang tua yang baik dapat membuat kebutuhan anak menjadi lebih baik, yang mengarah pada peningkatan keterlibatan orang tua dalam kebersihan diri.
Downloads
References
Ardhi Widjaya (penyusun); Chrisna (penyunting). (2017). Seluk-beluk tunanetra & strategi pembelajarannya / Ardhi Widjaya ; penyunting, Chrisna. Yogyakarta :: Javalitera,.
Altan, R., Mukendah, P., Deli, H., Riau, U., Riau, U., & Riau, U. (2023). Gabaran Kemampuan dan Kemandirian Personal Hygiene Anak.
Astuti, S. R. I. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Siswi …. http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/2580/%0Ahttp://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/2580/7/SRI ASTUTI (1801032271).pdf
Ayu, N., Sari, M. E., Nyoman, I., & Winata2, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Retardasi Mental Sedang Di Sdlb 1 Negeri Denpasar , 5(2), 265–272.
Ayu, T. (2018). Peran Keluarga Dalam Memandirikan Anak Retardasi Mental Di Aceh the Role of Family in Helping Mentally Retarded Children Become Independent in Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keperawatan, 1(1), 1–8.
Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar
Bright, B., Austin, B., Garn, C., Glass, J., & Sample, S. (2017). Identification of interprofessional practice and application to achieve patient outcomes of health care providers in the acute care setting. Journal of Interprofessional Education & Practice, 9, 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.xjep.2017.09.003
Desiningrum. (2017). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. 160.
Emilia, D. (2019). Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di sd negeri 64 bengkulu selatan desa suka nanti kecamatan kedurang.
Goswami, S. (2013). The Parental Attitude of Mentally Retarded Children. Global Journal of Human Social Science, 13(6), 10. https://globaljournals.org/GJHSS_Volume13/1-The-Parental-Attitude.pdf
Guswan, G., & Yandi, S. (2017). Hubungan pengetahuan dan tindakan ibu terhadap indeks plak anak di Taman Kanak-Kanak Ibnu Akbar Kota Padang https://api.semanticscholar.org/CorpusID:79970911
Helmawati. (2014). Pendidikan keluarga : teoritis dan praktis (1st ed.).
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. In Ar-Ruzz Media.
Kartika, Y. E., Nurhidayah, I., & Hendrawati. (2020). Dukungan Keluarga Dalam Kemandirian Perawatan Diri Anak Retardasi Mental Ringan di SLB-C YKB Garut. Jurnal Kesehatan Saelmaekers, 3, 214–221.
Kartikaningrum, A., Aniroh, U., & Purwaningsih, P. (2018). Hubungan Peran Orang Tua dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Tunagrahita di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. (Doctoral Dissertation, Universitas Ngudi Waluyo).
Kemenkes 2018. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit Balitbangkes (p. hal 156).
Khairunisa, P., & Hartati, E. (2015). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Perilaku Maladaptif Siswa di SMPN 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jurnal Keperawatan Komunitas, 3(1), 11–16.
Maidartati, Sri Haryati, E. S. A. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Perawatan Diri Pada Anak Usia 6-13 Tahun Di SLB Cicalengka.
Meppelder, M., Hodes, M., Kef, S., & Schuengel, C. (2017). Parenting stress and child behaviour problems among parents with intellectual disabilities: the buffering role of resources. Journal of Intellectual Disability Research : JIDR, 59(7), 664–677. https://doi.org/10.1111/jir.12170
Mukhammad Sihabudin. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Bimbingan Konseling Siswa. Kependidikan, 3(2), 131. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Muthmainnah, M. (2018). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2920
Napolion, K. (2010). Pengalaman Keluarga dalam Merawat Anak Tunagrahita di Kelurahan Balumbang Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.
Nur Sabilla, S. (2023). Peran Orang Tua untuk Mendukung Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(1), 1–20. https://doi.org/10.35891/jip.v10i1.2969
Nurdin, I. dan S. H. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. : Media Sahabat Cendekia.
Oktavia Alfita Sari, W. H. S. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Anak Tunagrahita di SLB Tunas Mulya Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo. 164–171.
Pendidikan, D. P. (2023). Data Pokok Pendidikan. https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/022500
Potter, A & Perry, A. (2005). Fundamental Keperawatan. ECG.
Potter, A & Perry, A. (2012). Buku ajar fundamental keperawatan; konsep, proses, dan praktik, vol.2, edisi keempat, EGC, Jakarta.
Pujiani, siti muniroh. (2017). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak, 1, 1–7.
Purwanti, D. E., & Almujadi. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua terhadap jumlah karies siswa anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 4(2), 33–39.
Puspita, S. (2016). Hubungan Status Sosio Demografi Dan Status Akademik Anak Dengan Kemandirian Anak Retardasi Mental Di Slb Yayasan Pembinaan Anak Cacat Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 4(2), 107978.
Putra, F. Y. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Personal Hygiene Anak Usia Pra Sekolah di Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember. https://123dok.com/document/nzw0rg7y-hubungan-tingkat-kemandirian-personal-hygiene-prasekolah-kecamatan-kabupaten.html?utm_source=related_list
Rahmawati, A. (2016). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri Jombang.
Riskesdas. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementerian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Rumaseb, E., Mulyani, S., & Nasrah, N. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Anak Retardasi Mental Usia 10-14 Tahun Dalam Melakukan Perawatan Diri di SLB Negeri Bagian B Jayapura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 1, 50–57. https://doi.org/10.47539/jktp.v1i2.37
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/607
Sandy, L. P. A. (2018). Peran Orang Tua Terhadap Keterampilan Menyikat Gigi Dan Mulut Pada Anak Disabilitas Intelektual. Jurnal Teknosains, 7(1), 53. https://doi.org/10.22146/teknosains.32343
Sari, W. (2016). Meningkatkan Kemandirian Anak Di Sentra Bahan AlamPada Tk Bunga Mekar Kecamatan SeulimeumKabupaten Aceh Besar. 1(1), 108–114.
Septianti, A., Rokayah, C., & Mustofa, A. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Perawatan Diri Anak Tunagrahita. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 6(2), 58–64. 6(2), 58–64.
Simanjuntak, A. D. (2015). Hubungan Peran Orang Tua dalam Perawatan Gigi Anak Terhadap Resiko Kejadian Karies pada Anak Usia 6-8 Tahun di Sekolah Dasar Kelurahan Sungai Beliung Pontianak Tahun 2014. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689–1699.
Singgih, D Gunarsa and Yulia, S. G. (2020). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja
Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodologi Kesehatan (3rd ed.). PT. Rienka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) / penulis, Prof. Dr. Sugiyono. Alfabeta.
Suresh Lal, B., & Kavitha, G. (2016). Assessment of Personal Hygiene Knowledge and Practices: An Empirical Study of Schooling Children in Warangal. International Journal of Science and Research, 5(September), 2319–7064. https://doi.org/10.21275/ART20161207
Tarwoto, & W. (2015). Kebutuhan dasar manusia dan proses keperawatan.
Temitayo, I. O. (2016). Knowledge and Practices of Personal Hygiene among Senior Secondary School Students of Ambassadors College, Ile- Ife, Nigeria. Texila International Journal of Public Health, 4(4), 648–660. https://doi.org/10.21522/tijph.2013.04.04.art055
Tonara, A., Abadi Miko, N., & Efendi, A. (2023). Peran Keluarga Pada Tingkat Kemandirian Personal Hygiene Anak Tunagrahita. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i2.92
Umamei, H., Purwaningsih, E., & Hadi, S. (2023). Systematic Literature Review : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Gigi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG), 4(1), 14–30.
Veriza, E. and Boy, H. (2018). ‘Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Autisme.’ Faletehan Health Journal.
WHO. (2018). Mental Retardation. Https://Platform.Who.Int/Mortality/Themes/Theme-Details/Topics/Indicator-Groups/Indicator-Group-Details/MDB/Mental-Retardation.
Widjaya, A. (2017). Seluk-beluk tunanetra & strategi pembelajarannya. Javalitera.
Wong, D. L. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong (Wongs Essentials of Pediatric Nursing).
Yuliyanti, S., Lestari, S., & Sari, R. I. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemampuan Perawatan Diri ( Self Care ) Pada Anak Retardasi Mental Di SLB. Klinik, 2(3), 154–156.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.